CRM adalah pengertian dari Customer relationship Management atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai manajemen Hubungan Pelanggan. Merupakan startegi pemasaran yang saat ini mrak dilalukan oleh perusahaan-perusahaan yang menginginkan pelanggan / konsumen mereka tetap membeli produk atau memakai jasa meraka.
Pentingnya CRM dan pengguna CRM
Pentingnya CRM :
- karena tingkat persaingan global antar perusahaan kian besar
- fakta bahwa untuk mendaoatkan pelanggan baru bisa 10 kali biaya untuk menjaga pelanggan yang sudah ada
- tren bisnis saat ini yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan ke perusahaan kita
- banyaknya konsumen yang menginginkan pelayanan purna jual
Pengguna CRM :
bisa dari perusahaan / bidang usaha berskala kecil sampai ke perusahaan berskala besar
Prinsip Dasar CRM
mengambil data input berupa data profile dari semua pelangan (customer) dan memberikan informasi yang sesuai kepada klien berupa informasi tentang customer history, kebutuhan-kebutuhan pasar dan isu-isu lain seputar perkembangan pasar.
0 komentar:
Posting Komentar