Twitter Delicious 'Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Senin, 18 Juni 2012

Apa itu Internet

Dalam sebuah jaringan komputer, ada Server  atau komputer induk yang berperan sebagai pusat penyedia data dan layanan. Komputer-komputer lain yang terhubung ke server disebut Client (klien). Contoh jaringan komputer yang paling mudah adalah kita temukan adalah jaringan komputer lokal di lingkup sekolah atau perkantoran.

Internet adalah sebuah jaringan komputer global. Internet tersusun atas ribuan jaringan komputer dari berbagai belahan dunia yang saling terhubung. Internet dapat diibaratkan sebagai induk dari jaringan komputer.

Untuk mengakses Internet, komputer kita harus terhubung ke sebuah ISP (Internet Service Provider). ISP adalah penyedia jasa layanan internet. ISP berperan sebagai perantara dalam hubungan komputer kita dengan server-server yang ada di internet.

Melalui internet, sebuah komputer dan penggunanya dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer lain di lokasi, wilayah, atau bahkan negara lain tanpa batas ruang dan waktu. Hasilnya, berbagai aktivitas dapat dilakukan oleh pengguna komputer yang terhubung ke internet. Secara teknis, kita dapat melakukan proses pertukaran data elektronik, pencarian dan penyajian informasi, serta berbagai aktivitas lainnya.

Karakteristik yang menjadi kelebihan internet adalah sifatnya yang universal. Jaringan internet tidak dibatasi oleh kebudayaan, wilayah, maupun pemerintahan. Jaringan internet akan selalu berjalan dan aktif (online) sepanjang waktu. Pemanfaatan internet dapat dilakukan oleh siapapun dan di manapun, asal prasarana untuk melakukan akses internet tersedia.

Internet merupakan sarana publik yang tidak di miliki secara individual atau institusional oleh suatu pihak tertentu. Meski pun dewasa ini ada beberapa badan organisasi yang bekerja untuk mengembangkan aspek teknis jaringan internet, tetapi tidak ada pihak tertentu yang memegang kontrol atau menguasai jaringan internet secara mutlak. Bentuk-bentuk institusi komersial (yang saat ini banyak menawarkan jasa layanan internet kepada publik) hanya merupakan salah satu bagian dari struktur global internet yang membantu proses koneksi, konsultasi, atau pengelolaan data di internet.

Sistem yang terbentuk di internet merupakan hasil kerjasama antara penyedia jasa internet (ISP), perusahaan pembuat program aplikasi komputer, organisasi pekerja sukarela, dan beberapa institusi utama yang menyatukan seluruh elemen yang ada.

Sumber : Buku Mari Mengenal Internet

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates