Twitter Delicious 'Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Rabu, 09 November 2011


Perbedaan Pendekatan Terstruktur dan Berbasis Objek

1. pendekatan Terstruktur
Pendekatan secara terstruktur adalah mengenalkan penggunaan alat-alat dan teknik-teknik untuk mengembangkan sistem yang terstruktur. Teknik terstruktur, merupakan pendekatan formal untuk memecahkan masalah-masalah dalam aktivitas bisnis menjadi bagian-bagian kecil yang dapat diatur dan berhubungan untuk kemudian dapat disatukan kembali menjadi satu kesatuan yang dapat dipergunakan untuk memecahkan masalah. Tujuan pendekatan terstruktur adalah agar pada akhir pengembangan perangkat lunak dapat memenuhi kebutuhan user, dilakukan tepat waktu, tidak melampaui anggaran biaya, mudah.

Ciri-ciri utama yang mendukung pendekatan terstruktur;
1)      dilakukan secara iterasi
2)      merancang berdasar modul
3)      bekerja dengan pendekatan top-down
4)      dilakukan secara iterasi
5)      kegiatan dilakukan secara paralel

Pendekatan terstruktur ini berbasis pada metodologi, tool pemodelan, dan teknik dari pendekatan terstruktur. Dibagi menjadi dua yaitu, Pendekatan berorientasi proses dan Pendekatan berorientasi data. Tujuan kedua pendekatan ini adalah untuk mengidentifikasikan semua atribut data yang dibutuhkan oleh sistem yang dibangun. Yang berorientasi proses dikerjakan dengan memeriksa semua input, output dan proses untuk sistem. Sedangkan berorientasi data memeriksa keputusan2 yang dibuat sistem dan kemudian bekerja ke belakang untuk mengidentifikasikan data yang dibutuhkan untuk mendukung keputusan tersebut. Pendekatan berorientasi proses ini bekerja sangat baik jika professional sistem mengetahui lebih lanjut tentang input, proses dan output yang dihasilkan dari sistem. Juga akan baik jika data dari setiap kumpulan aplikasi dipisahkan.

2. Pendekatan Berbasis Objek
Pendekatan berorientasi objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek, yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas.
Analisis Berorientasi Objek memiliki lima aktivitas utama dalam pendekatannya, yaitu:
1)      Menentukan Kelas-&-Objek
2)      Identifikasi Struktur
3)      Identifikasi Subyek
4)      Menentukan Atribut
5)      Menentukan Metoda

Terdapat tujuh macam tujuan dan keuntungan dari Analisis Berorientasi Objek, yaitu :
1.    Menangani lebih banyak problem domain. Analisis Berorientasi Objek memberikan kemudahan untuk memahami inti permasalahan.
2.    Analisis Berorientasi Objek mengorganisasi analisis dan spesipikasi dengan metode yang digunakan cara berfikir manusia.
3.    Mengurangi jarak antara aktivitas analisis yang berbeda dengan membuat atribut dan    metode menjadi satu kesatuan.
4.    Pewarisan dapat memberikan identifikasi sesuatu yang umum pada atribut dan metoda.
5.    Menjaga stabilitas atas perubahan kebutuhan pada sistem yang sama.
6.    Hasil analisis dapat digunakan kembali
7.    Penggambaran yang konsisten dari sistem, pada tahap analisis dan desain.

Sumber :

Hasil Analisa :

Perbedaan pendekatan terstruktur dan berbasis objek

Pada pendekatan terstruktur Konsep mengarah pada sistem yang ideal, berorientasi ke masa dating, Mengurangi ketergantungan pada disainer. Sedangkan pada pendekatan berbasis objek Dekomposisi obyek, memungkinkan seorang analis untuk memcah masalah menjadi pecahan-pecahan masalah dan bagian-bagian yang dimanage secara terpisah, memungkinkan adanya standarisasi obyek yang akan memudahkan memahami desain dan mengurangi resiko pelaksanaan proyek.
Kekurangan pada pedekatan terstruktur berorientasi utama pada proses, sehingga mengabaikan kebutuhan non-fungsional. Sedangkan kekurangan pada pendekatan berbasis objek menggunakan konsep reuse. Reuse merupakan salah satu keuntungan utama yang menjadi alasan digunakannya OOAD. Namun demikian, tanpa prosedur yang emplisit terhadap reuse, akan sangat sliit untuk menerapkan konsep ini pada skala besar (Hantos, 2005).









0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates